Asma pada orang dewasa tingkatkan risiko demensia

Rabu, 16 Agustus 2017

Asma pada orang dewasa tingkatkan risiko demensia

Asma pada orang dewasa tingkatkan risiko demensia,- asma adalah penyakit yang bisa berbahaya jika tidak di tangani dengan benar. Namun seolah penyakit asma saja belum cukup, orang dewasa yang memiliki asma juga menghadapi risiko terkena demensia lebih tinggi. Hal ini di ungkap dalam penelitian terbaru yang di temukan oleh peneliti di taiwan.

Hasil penelitian ini di dapatkan peneliti dari department of Respiratory Therapy, China Medical University Hospital di Taichung setelah mengamati 14.000 partisipan dengan asma yang didiagnosis sejak tahun 2001 hingga 2003. Diketahui bahwa orang yang memiliki asma berkemungkinan lebih tinggi terkena demensia.

Hasil penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya di swedia yang mengungkap bahwa asma tak berkaitan dengan penyakit alzheimer. Menurut peneliti hal ini kemungkinan disebabkan oleh teknik analisis yang berbeda. Penelitian sebelumnya menggunakan laporan dari partisipan sementara penelitian terbaru menggunakan diagsnosis dokter.

Dari keseluruhan penelitian di ketahui bahwa pria memiliki risiko demensia lebih tinggi dibanding wanita. Risiko ini lebih rendah bagi wanita bahkan setelah peneliti menghitung faktor lain seperti usia.

Selain itu juga di ketahui bahwa orang yang sudah dewasa lebih berkemungkinan terkena asma. Penelitian lainnya juga mengungkap bahwa orang dengan riwayat stroke demensia lebih tinggi, di ikuti dengan orang yang pernah mengalami trauma pada kepala, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan memiliki kandunga lemak dalam darah yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar